Manfaat Donor Darah

Donor Darah
Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah
Berikut adalah  beberapa manfaat donor darah untuk kesehatan :
1. Menyehatkan Jantung
Donor darah menjaga kesehatan jantung dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah, Perlu di ketahui, zat besi yang terlalu banyak pada tubuh akan memicu terjadi oksidasi kolesterol sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung serta stroke. Jadi dengan melakukan donor darah akan membuat zat besi tetap stabil.

2. Mendeteksi Penyakit
Status kesehatan seorang pendonor akan berubah setiap tiga bulan sekali, dan dengan mendonorkan darah ini kesehatan diri,  secara tak langsung Anda sedang memeriksakan diri. Dimana bila memang terdapat penyakit menempel tubuh, pasti bisa cepat terdeteksi, sehingga keuntungannya Anda dapat mengambil penanganan yang optimal dan risiko penyakit untuk sembuh relatif cepat.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Donor darah dapat membantu menurunkan berat tubuh sekitar 7%, sebab pada saat melakukan donor darah maka tubuh melakukan pembakaran kalori sekitar 650 dengan asumsi pendonoran darah sekitar 450ml.

4. Dapat mengurangi kolesterol
Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke sebesar 30 persen. Hal ini bisa terjadi, karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Sehingga badan pun Anda pun jadi lebih sehat. Selain itu juga, dapat mengurangi risiko jantung koroner, dimana kadar Fe (besi) dalam darah menjadi berkurang.

5. Mengurangi risiko kanker
Radikal bebas yang kerap memicu kanker di tubuh seseorang, dapat dihilangkan bila darah seseorang zat besi selalu teregenerasi. Inilah salah satu manfaat dari mendonorkan darah.

Itulah Manfaat Donor Darah untuk  kesehatan kita, lakukanlah Door Darah setiap 3 bulan sekali untuk membantu teman kita yang membutuhkan. 

2 komentar:

  1. banyak juga ya mas manfaat donor darah ini. Tapi pasti habis di donor, tubuh jadi lemes hehe :D

    ReplyDelete

Jika anda menyukai Artikel ini, silakan klik like atau tweet yang ada diatas dan jika anda mempunyai tanggapan silakan tulis dibawah
Silakan Berkomentar