Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Produksi modern saat didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, rasa coklat dan lain lain
Berikut adalah manfaat dari yoghurt untuk kesehatan :
1. Memperlancar pencernaan dalam tubuh
   Menurut ahli kuliner dan gizi, Robin Plotkin, RD, Kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik dalam yogurt mampu membuat keseimbangan mikroflora dalam usus yang berperan penting dalam proses pencernaan usus dan menjaga kebugaran tubuh.
  Manfaat diatas didapat jika yoghurt dipastika mengandung sedikitnya probiotik hidup sebanyak satu miliar unit pembentuk koloni (colony-forming units atau CFUs)
 
2. Menjaga kesehatan jantung
   "Yoghurt" adalah bahan makanan rendah lemak bisa jadi bahkan bebas lemak sehingga baik untuk kesehatan jantung. Alvaro Alonso, MD, PhD, seorang profesor di University of Minnesota mengatakan bahwa mengkonsumsi yogurt dengan porsi tepat mampu mencegah atau setidaknya menurunkan risiko serangan darah tinggi". Hal ini disebabkan karena kandungan protein dalam susu mampu mengendalikan tekanan darah, magnesium, kadar kalsium, potasium serta efektifitas nya dalam penurunan tekanan darah.
3. Menjaga kekebalan tubuh terhadap bakteri jahat (Antimikroba)
   Selain asam laktat yang dihasilkan yoghurt, dihasilkan pula zat yang bersifat antimikroba yang menghasilkan antibiotik dan beberapa bakteri baik yang mencegah serangan bakteri jahat yang dihasilkan oleh asam asetat dan hydrogen peroksida.
4. Sebagai pencegah Osteoporosis
   Penyerapan Kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk kekuatan tulang dihasilkan oleh asam laktat yang memproduksi metabolit. Metabolisme tulang juga mampu berjalan baik karena yoghurt membantu memproduksi vitamin K yang berpera penting dalam hal ini.
5. Pencegah tumor dan kanker 
   Efek anti tumor didapat dari Lactobasillus achidophilus dan Lactobasillus bulgaricus yang dihasilkan yoghurt. Kanker rahim dan kanker prostat mampu di cegah oleh kandungan yoghut dengan kandungan asam folat dan seng.

 

0 komentar:

Post a Comment

Jika anda menyukai Artikel ini, silakan klik like atau tweet yang ada diatas dan jika anda mempunyai tanggapan silakan tulis dibawah
Silakan Berkomentar