Manfaat Rumput Laut

Beberapa sumber daya alam dalam laut Indonesia adalah Tumbuhan rumput laut. Hasil laut ini adalah tumbuhan dengan jenis algae atau ganggang multiseluler, dengan struktur tidak mempunyai akar, batang, dan daun, dengan bentuk yang beragam, mulai dari bentuk bulat, pipih, tabung atau bercabang-cabang.
Tumbuhan rumput laut memang merupakan obat dari abad ke-16 dan merupakan sumber makanan bagi bangsa Aztec dan Mesoamericans. Bahan alami ini adalah kandungan dengan nutrisi alami dengan manfaat kesehatan beragam bagi tubuh.

 Berikut manfaat kesehatan dari rumput laut :
1.    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Rumput laut dapat memberikan stimulan untuk penurunan kadar kanker dengan menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Rumput ajaib ini dapat bekerja dengan memperbanyak produksi antibodi, cytokines, dan sel lain yang berguna untuk daya imunitas dan membantu proses penyembuhan infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.

2.    Mengendalikan Berat Badan
Rumput laut merupakan sumber makanan bebas lemak dan kaya serat pangan. Rumput ini dapat mempermudah pencernaan, serat dapat membuat efek kenyang yang lama, sehingga Anda bisa terhindar dari pola makan rakus yang bisa menambah berat badan. Cocok dikonsumsi sebagai camilan bagi Anda yang sedang berdiet.

3.    Pengganti Garam
Peneliti di Inggris membuktikan bahwa butiran rumput ini dapat memberi tambahan rasa yang dapat menggantikan garam pada makanan lainnya dan produk olahan lainnya. Dengan menurunkan garam dapat meringankan penyakit darah tinggi, mencegah jantung dan stroke.

4.    Mencegah Anemia
Pada jenis spiriluna dapat menetralkan jumlah sel darah merah, darah putih, dan hemoglobin. Makanan ini berguna dalam menurunkan efek samping pada produksi sel-sel penghasil sel darah. Penelitian membuktikan bahwa rumput laut meningkatkan hematopoiesis, yakni pembentukan sel darah merah. Itu diyakini karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya.

5.    Mengatasi Alergi
Dapat melawan bahaya alergi dengan menghambat adanya histamin atau zat sehingga tidak membuat alergi.

6.    Mencegah Kanker
Wanita premenopause di daerah Jepang memiliki kadar kecil mendapat kanker payudara dari wanita lainnya. Karena di Jepang, mereka selalu mengkomsumsi rumput ajaib ini sebagai menu mereka.

7.    Mempercepat Penyembuhan Luka
Vitamin C dengan antioksidan sama dengan vitamin A, dapat memelihara kekuatan tulang, gigi, gusi, kesehatan kulit dan berguna dalam penyembuhan luka juga penguatan pembuluh darah.

8.    Mencegah Keropos Tulang
Tumbuhan rumput laut memiliki kalsium lebih banyak dari susu. Dengan kalsium yang banyak, maka rumput ajaib ini dapat menangkal keropos tulang, menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan kuku, rambut, dan metabolisme dalam tubuh. Dan menjadi manfaat kesehatan dari rumput laut.

Itulah beberapa manfaat rumput laut yang saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya

2 komentar:

  1. ternyata banyak sekali ya manfaat dari rumput laut. Saya terus terang nggak pernah makan yang namanya rumput laut secara langsung. Paling-paling kalau beli es rumput laut saja hehehe :D

    ReplyDelete
  2. mulai sekarang sering-sering aja makan rumput laut mbak :)

    ReplyDelete

Jika anda menyukai Artikel ini, silakan klik like atau tweet yang ada diatas dan jika anda mempunyai tanggapan silakan tulis dibawah
Silakan Berkomentar