5 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

5 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

img 
 
Ketika mendengar kata kolesterol, yang terbayang di pikiran sebagian besar orang adalah 'sumber penyakit'. Tapi ada jenis kolesterol baik yang dinamakan HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol ini tidak mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.

Idealnya, kadar kolesterol baik harus lebih banyak daripada kolesterol jahat. Namun banyak yang belum tahu kalau kadar kolesterol ini bisa ditingkatkan. Ini dia beberapa caranya, seperti dikutip dari Women's Health.

1. Olahraga
Rutin berolahraga membantu meningkatkan produksi HDL, yaitu kadar kolesterol baik dalam tubuh. Anda bisa memilih aktivitas fisik yang dimau. Misaknya latihan aerobik selama 30 menit, tiga hingga empat kali seminggu.

2. Berhenti Merokok
Perokok berat atau merokok hanya untuk iseng, segera hentikan kebiasaan jelek itu. Sekecil apapun asap rokok yang dihisap, bisa menghambat produksi kolesterol baik dari liver.

3. Turunkan Berat Badan
Kegemukan merupakan pemicu tingginya tingkat kolesterol. Jika indeks massa tubuh lebih dari 25, segera cari cara yang sehat untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya mendapatkan berat badan ideal, tapi juga meningkatkan kolesterol baik dan memangkas kolesterol jahat.

4. Konsumsi Lemak Sehat
Konsumsi asam lemak tak jenuh telah terbukti bisa bantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Tinggalkan mentega, gorengan dan makanan mengandung lemak trans serta lemak jenuh. Pilih lemak sehat yang terdapat dalam alpukat, salmon, sarden segar dan minyak zaitun ke menu diet Anda.

5. Bersikap Optimis
Dilansir detikhealth, dalam penelitian yang dilakukan para ilmuwan Harvard School of Public Health di Boston, ditemukan bahwa orang dewasa yang selalu optimis dan berpandangan positif, memiliki kadar kolesterol baik dalam darahnya. Kolesterol baik ini merupakan salah satu faktor penentu kesehatan jantung.

0 komentar:

Post a Comment

Jika anda menyukai Artikel ini, silakan klik like atau tweet yang ada diatas dan jika anda mempunyai tanggapan silakan tulis dibawah
Silakan Berkomentar