Objek Wisata Yang Ada di Kabupaten Lahat

Lahat adalah kota yang sangat kaya akan potensi pariwisata, berikut beberapa objek wisata yang ada di kabupaten Lahat yang wajib untuk anda kunjungi

1. Bukit Serelo
Bukit Serelo terletak sekitar 20 km dari kota Lahat. Penduduk setempat menyebutnya Bukit Tunjuk (sebagian gunung Jempol..padahal cuma bukit sih aneh juga), karena bentuk puncaknya yang mirip telunjuk yang mencuat ke langit.
Jika anda bepergian dari Muara Enim, menjelang 20 km memasuki kota Lahat, bukit itu terlihat jelas di sebelah kiri. Dibawahnya terdapat sebuah kompleks untuk menjinakkan, melatih dan mendidik gajah. Sekitar 40 ekor sudah dijinakkan di tempat ini, namun baru sebagian yang dapat diandalkan untuk para pengunjung. Anda dapat juga membuat foto dengan gajah-gajah itu. Tinggal berikan tip sebesar Rp. 5.000,- kepada pawang dan anda dapat berpose sepuasnya. Tidak menjadi soal apakah anda akan memotret untuk 1 roll film atau slide. Tetapi jangan lupa memberikan hadiah kepada gajah-gajah itu, berupa gula-gula, kacang dan sebagainya.
Dibeberapa tempat dibawah bukit terdapat beberapa tempat untuk berkemah atau rekreasi. Para pramuka dan anak-anak muda acapkali mengunjungi tempat-tempat itu. Sebuah sungai kecil dengan air yang jernih dan belum tercemar, dapat menyegarkan anda.

2. Gunung Dempo
Gunung Dempo merupakan salah satu obyek wisata alam Kabupaten Lahat. Gunung tertinggi di Sumatera Selatan ini dapat dicapai langsung dari Palembang dengan kendaraan pribadi selama lebih kurang 6 jam, menempuh jarak sepanjang 295 km. Dapat juga mempergunakan bus umum dari Lahat menuju Pagar Alam (60 km), dan dari sini dilanjutkan dengan bus lain menempuh jarak 9 km sampai ke perkebunan dan pabrik teh lereng gunung.
Anda dapat menginap di mess yang tersedia sambil menikmati pemandangan alam indah sekitarnya. Namun apabila ingin melakukan pendakian ke puncak gunung, maka diperlukan bantuan pawang yang disediakan mess.
Gunung Dempo mempunyai dua puncak. Diatas puncak kedua yang lebih rendah terdapat sebuah kawah yang mengeluarkan batu belerang. Kawah ini terletak ditengah lapangan pasir dan bebatuan yang biasa dipergunakan para pendaki untuk beristirahat dan berkemah. Pendakian dari Pabrik teh ke puncak ini membutuhkan paling tidak 6 jam perjalanan. Para pendaki selain menginginkan petualangan, juga pencinta alam.

3. Ribang Kemambang
Kebun binatang ini terletak di kota Lahat, merupakan tempat wisata buatan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lahat. dan tidak sulit untuk menjangkaunya. Cukup dengan angkot atau ojek yang sering mangkal anda bisa langsung di antar ke tujuan. Kebun ini memiliki kolam, tapi lebih tepat danau kecil karena cukup besar untuk sebuah kolam. Danau ini berisi ikan dan satwa air yang sering kita lihat. Namun sekarang sepertinya Pemda Kota Lahat kurang memperhatikan objek wisata ini. Padahal ini bisa menjadi salah satu objek yang bagus.
Taman rekreasi Ribang Kemambang ini terdiri atas kolam pemancingan, kebun binatang mini, dan halaman rekreasi yang telah dihijaukan oleh pepohonan.

4. Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari Terletak di desa Karang Dalam, Kecamaan Pulau Pinang. Nama lain Air Terjun Bidadari adalah Ayek Asam menurut warga setempat.  Air terjun yang bermuara ke Sungai Lematang ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dengan lebar atas sekitar 10 m dan bawah sekitar 15 m. 
Di sekitar lokasi Air Terjun tersebut, ada sekitar 6 air terjun lagi dan 3 diantaranya adalah Air Terjun Bujang Gadis dengan ketinggian sekitar 4 m, Air Terjun Sumbing dengan ketinggian sekitar 35 m dan Air Terjun Naga dengan ketinggian sekitar 10 m.  Ketiga air terjun ini dapat dinikmati dengan menyusuri aliran dari Air Terjun Bidadari hingga ke bawah Air Terjun Naga.   
Untuk Air Terjun Bujang Gadis berjarak lebih kurang 30 m dari Air Terjun Bidadari.  Sedangkan Air Terjun Sumbing berjarak kurang lebih 80 m dari Air Terjun Bujang Gadis.  Dan Air Terjun Naga berjarak lebih kurang 50 m dari Air Terjun Sumbing.

5. Air Terjun Lawang Agung
Salah satu potensi wisata yang berada di Kecamatan Jarai ini layak untuk dikembangkan untuk menambah pendapatan daerah, dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari jalan utama, lokasi Air Terjun Lawang Agung dapat dicapai dengan menggunakan mobil. Kondisi jalan menuju lokasi sekitar 500 m.dengan kondisi jalannya menurun dan berbatu-batu kecil.

6. Sumber Air Panas Tanjung Sakti
Bila anda singgah di Kecamatan Tanjung Sakti, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi lokasi ini. Sumber Air Panas Tanjung Sakti dapat ditempuh dari Ibukota Kecamatan sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Karena letaknya berada dekat dengan pusat keramaian Kecamatan Tanjung Sakti.
Penduduk sekitar atau pengunjung yang datang, sering membuat telur rebus hanya dengan merendamnya sekitar 5 menit dan menyiapkan garam atau merica bubuk, telur siap disantap. Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa telur dari rumah, karena penduduk sekitar menjual telur dikarenakan adanya Sumber Air Panas ini. Letak Sumber Air Panas ini berada tepat dibawah jembatan yang setiap hari dilalui oleh masyarakat sekitar tepatnya di perbatasan antara simpang 3 dengan desa pagar bunga..selain itu masih ada juga tempat pemandian air panas lain d daerah tanjung sakti yang belum di ketahui oleh orang lain

7. Lematang Indah
Air terjun ini terletak di Kota Lahat, Propinsi Sumatera Selatan. Air Terjun Lematang Indah tidak diragukan lagi, meski ketinggianya hanya 40 meter tidak seberapa dibanding Air Terjun Sipiso-Piso namun pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata dan menyejukkan jiwa. Air Terjun Lematang Indah merupakan salah satu objek wisata alam andalan Kota Lahat. Lokasinya strategis di pinggir jalan tepat di tikungan tajam dan jalanan yang menanjak ketika Anda menuju ke Kota Pagar Alam. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni anak tangga. Di saat musim hujan Anda perlu berhati-hati menuruni anak tangga karena licin.
Dibawah air terjun ini juga terdapat aliran sungai yang jenih dihiasi bebatuan besar. Pepohonan di sekitar air terjun senantiasa dihinggapi burung-burung yang berkicau. Suara aliran sungai pun mampu membuai Anda untuk belama-lama menikmati keindahannya. Di lokasi Air Terjun Lematang Indah terdapat fasilitas yang kamar mandi dan juga tempat istirahat. Tiket ke lokasinya ini Rp4.000,- per orang.

Itulah beberapa Objek Wisata yang ada di Kabupaten Lahat

1 komentar:

  1. infonya sangat membantu sekali buat yang lagi bingung memilih tempat wisata...

    tidak mau repot mengurus sendiri persiapan buat liburan??? mari berwisata bersama Dunia Wisata Singosari Malang

    jangan lupa kunjungi duniawisataku.com kami melayani jasa tour pariwisata dalam dan luar negeri.. bagi yang berada di malang bisa datang langsung ke Jl. Kembang No.8 Singosari Malang. atau call di 0341-456444

    ReplyDelete

Jika anda menyukai Artikel ini, silakan klik like atau tweet yang ada diatas dan jika anda mempunyai tanggapan silakan tulis dibawah
Silakan Berkomentar